Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Cara Mendaftarkan Blog/Situs ke Google Webmaster Tool

Jika Anda seorang pemilik Blog/Website alangkah baiknya menggunakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh Google. Fasilitas ini yaitu Google Webmaster Tool. Kegunaanya kurang lebih untuk optimalisasi blog Anda, memonitor kondisi blog serta mecari masalah masalah yang mungkin ada di blog Anda. Jadi bisa dibilang ini sungguh penting untuk Anda para blogger atau website owner. Nah bagaimana cara mendaftarnya? Silahkan diikuti langkah-langkah berikut ini.

Silahkan menuju halaman Google Webmaster Tools. Nanti Anda akan disuruh Log In lagi menggunakan akun google. Log In lah dengan email dan password akun Google yang Anda miliki. Pada halaman setelah masuk, Anda akan menemukan suatu kolom. Berikutnya tambahkanlah alamat URL blog /web pada kolom tersebut. Kurang lebih penampilannya seperti berikut. Klik Add Site setelah memasukkan alamat URL blog Anda.
Add A Site
Interface Google Webmaster Tools


Berikutnya kita akan masuk pada tahap verifikasi. Coba perhatikan pada bagian kanan atas ikon Gerigi. Klik bagian gerigi tersebut dan pilihlah menu Verification Details. Dengan melakukan hal tersebut Anda akan di-direct ke halaman verifikasi. Disini ditawarkan 2 jenis verifikasi. Melalui metatag dan owner verified. BPO menyarankan agar lebih mudah gunakan pilihan verifikasi Verify using a different method. Verifikasi ini kita akan menyisipkan sebuah kode pada blog/website Anda. Jenis verifikasi ini dikenal dengan HTML Tag.

Klik Bagian yang bertuliskan HTML Tag. Akan ditampilkan nantinya sebuah kode. Copykan kode tersebut. Selanjutnya bukalah HTML Editor Template pada Blog Anda. Sisipkan kode tersebut dibawah dibawah kode <head>. Sehingga nantinya seperti kode dibawah ini.
<head>
<meta content='hhhhhkbgbuukKKKngnihtBig' name='google-site-verification'/>
...
</head>
Terakhir jangan lupa menyimpan HTML editor Anda. Kembalilah ke halaman Google Web Master tersebut. Perhatikan kotak pada bagian kanan bawah tempat Anda meng-copy kode sebelumnya. Disana Anda akan menjumpai tulisa Verify. Klik lah kata verify tersebut. Tunggulah hingga 2 menit. Pada proses tersebut artinya, blog/website Anda akan diverifikasi. Pihak Google Webmaster akan mengidentifikasi web Anda dengan cara mereka. Tentu saja atas bantuan kode yang telah disisipkan sebelumnya tadi.

Nah cukup gampang bukan untuk melakukan verifikasi akun Google Webmaster yang selanjutnya akan kita gunakan untuk monitoring Blog. Apabila suatu saat tiba tiba traffic blog Anda turun drastis, Google Web Master akan menemukan kesalahan yang terdapat pada blog Anda tersebut. Selain itu sering-sering lah mengecek 'kesehatan' website/blog Anda dengan Google Webmaster ini. Sebagai informasi tambahan, fasilitas ini akan lebih baik jika dikombinasikan dengan Google Analytics. Yups, itulah cara daftarkan blog ke google webmaster dan cara verifikasinya. Silakan dicoba, kalau ada yang kurang mengerti tinggal isi komentar aja. 

Loading...