Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Tips Memilih Niche Blog yang Unik

Ingin ikut serta dalam dunia blogging. Hmm tapi masih terkendala dengan topik dan tema konten blog. Nantinya akan menghadirkan pertanyaan;  Bagaimana cara memilih topik yang paling tepat untuk blog tersebut? Hal Apa yang harus dipertimbangkan sebelum memilih topik blog? Pertanyaan seperti itu akan selalu mengerayangi  benak kita sebelum memutuskan untuk membuat blog. Pemilihan niche atau topik blog adalah hal vital yang harus kita pikirkan secara sempurna.

Banyak blogger yang berhasil mengolah blog niche dan menghasilkan penghasilan yang super dahsyat. Disisi lainnya tak sedikit juga yang berhasil mengolah blog gado-gado dan menghasilkan penghasilan yang sama besarnya. Mari kita paparkaan mana yang lebih baik antara blogging dengan satu topik atau blogging dengan topik campur (blog Gado gado).

Perbandingan Blog Niche dan Blog Gado-gado


Blog niche merupakan sebutan untuk blog yang fokus pada satu topik tertentu, misalnya membahas tentang blogging, membahas tentang pendidikan, membahas tentang telepon selular. Konten dalam blog dengan niche hanya hanya berisi konten dan info mengenai topik tersebut dan mengarah ke suatu pasar tertentu.  Jauh berbeda dengan blog niche yang fokus dengan satu topik, blog gado-gado akan berisi konten-konten dan membahas beberapa topik yang beragam. Dengan bantuan sistem  navigasi dan klasifikasi kategori konten, blog gado-gado mencoba menyampaikan berbagai informasi apa saja yang dianggap menarik.

Secara umum, apa saja jenis blog akan lebih unggul tergantung pada pribadi masing-masing penulis. Seorang blogger tentunya akan sukses mengolah blog niche  dengan syarat dia memiliki pengetahuan tentang topik yang dikuasai. Akan berbanding terbalik hasilnya jika apabila seorang blogger yang memilih blog niche tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentag topik blog niche-nya. Jika seorang seorang yang mengelola blog niche dengan hanya bertujuan untuk membidik satu pasar saja tanpa memiliki kemampuan dibidag tersebut tentu akan sia-sia.  Bersama pengetahuannya yang terbatas, tentu pada akhirnya ia merasa bingung dan sulit dalam mengembangkan blognya. Pada periode ini si blogger akan stuck dan tidak tahu harus menulis apa lagi tentang topik tersebut.

Mengenai blogger yang memutuskan untuk mengembangkan blog campuran akan memiliki beberapa topik pilihan dalam menulis konten blog mereka. Andaikata, saat dia tidak punya ide tentang topik yang satu dia bisa menulis konten blog tentang topik lainnya.  Karena memiliki pilihan yang cukup banyak dalam hal topik, si blogger ini tentu lebih mudah menerbitkan konten blog dan bisa lebih rutin dalam memperbanyak konten blog mereka. Hanya saja tipe blog ini kadang kala membuat peluang untuk penghasilan lebih kecil karena mereka tidak terlalu fokus dalam satu bidang pasar.

Itulah perbandingan antara blog niche dan blog yang gado gado kumplit. Berikutnya kita akan telaah lebih mendalam mengenai kelebihan dan kekurangan dari masing masing jenis blog tersebut. Pertama akan kita lihat kelebihan dari blog niche.

Blog niche ini relatif lebih SEO friendly. Hal ini dikarenakan karena blog dengan satu niche lebih disukai mesin pencari. Blog niche akan lebih mudah dan cepat untuk terindeks oleh Google. Bahkan mesin pencari lain seperti Bing, Yahoo juga memiliki sifat yang sama. Mereka akan lebih fast untuk identifikasi konten konten blog untuk ditampilkan dalam sebuah queri pencarian. Dalam suatu blog niche tentunya satu artikelnya akan saling terkait dan berrelevan dengan artikel yang lain sehingga lebih tertarget.Dengan ketepatan dan relevansi artikel suatu topik tertentu lebih memudahkan dalam hal indeks-tansi sehingga blog niche terkesan lebih mapan ketika kita menyinggung masalah SERP.

Hal kedua mengenai keuntungan memiliki blog niche adalah  lebih disukai peng-iklan (advertiser). Hal ini akan mempermudah  monetisasi blog. Karena misalkan kita fokus pada topik pembuatan website. Maka advertiser seperti penyediaan hosting selalu akan full rate dengan iklan mereka. Hal ini dikarenakan semua topik dalam blog akan terlibat dalam hal salah satunya hosting. Selain itu ini juga akan meningkatkan peluang direct-advertiser untuk tertarik memasang iklan pada blog. Advertiser merasa blog niche lebih relevan dengan topik blog sehingga mereka akan sangat mau berpromosi di blog tresebut. Apalagi blog juga memiliki traffic yang sehat.

Jika memiliki kelebihan tentu juga memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan jika memiliki blog niche ini adalah sulit dikembangkan. Karena blog niche hanya fokus pada satu topik saja maka ada saatnya akan stuck dan sulit untuk membuat sebuah artikel baru. Dengan keterbatasan ini juga blog akan sulit melakukan update artikel yang konsisten dan berkala. Apalagi sebagaimana dijelaskan di atas si pemilik kurang menguasai topik yag telah di pilih.

Beranjak dari blog niche sekarang kita akan review kelebihan blog gadi-gado. Blog kategori ini akan lebih mudah untuk diupdate secara berkala, meingat akan sangat banyak topik alternatif untuk mengisi blog. Kita bisa saja menambahkan topik topik baru kapan saja. Yang terpenting disini adalah semua artikel benar benar berkualitas dan memenuhi kebutuha pembaca. Lebih lanjut dengan topik yang bermacam-macam dalam satu blog, tentu jangkauan pengunjung lebih luas. Pengunjung akan datang dari mana saja yang membutuhkan topik apa saja.

Sama dengan blog niche, blog gado-gado ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya blog ini agak kurang SEO friendly. Karena adanya kebingungan dari sistem algorith untuk identifikasi konten blog. Penyebabnya sendiri karena jenis artikel acak dan tidak teratur. Dengan kurangnya SEO friendly maka berimbas pada hal monetisasi blog yang nantinya tidak maksimal.

Cara Memilih Niche Blog Yang Paling Tepat


Sekarang kita akan lanjutkan jika ingin memilih blog niche. Hal apa yang harus dipertimbangkan sebelum memilih topik niche agar bisa tetap eksis nantinya. Berikut telah BPO ringkas dalam beberapa poin.
  1. Tetapkan Tujuan Membuat Blog
    Tetapkanlah apa sebenarnya tujuan untuk memiliki blog. Intropeksi diri dan tanya diri masng-masing. Jika hanya berkeinginan untuk mengisi waktu luang pilihlah sebuah topik yang anda pahami dan anda senangin agar blogging terasa lebih santai. Beda kasus dengan jika tujuan memiliki blog untuk menghasilkan uang. Untuk jenis ini pilihlah topik yang dikuasai dan benar-benar dibutuhkan pasar. Usahakann juga untuk lebih memeahami tentangSEO agar blog lebih top dan populer sehingga akan mendatangkan pengunjung yang lebih banyak. 

  2. Topik Harus yang Diminati
    Cara agar tidak merasa terbebani dalam memikirkan konten apa lagi yang harus di posting. Pilihlah topik yang benar diminati. Sehingga untuk posting lebih terasa nyaman dan menjadi sebuah kewajiban yang menakutkan. Disamping itu minat tersebut juga harus dikuti kemampua dan skill tentang topik yang dipilih. Perlu dipertimbangkan juga jika tujuan untuk menghasilkan uang, apakah blog dengan topik A misalkan releatif untuk di-monetisasi. Sebagai pemula mungkin bisa menanyakan pada seniorsenior blogger atau bisa juga dengan analisa sederhana, coba perhatikan monetisasi blog dan ketika mengunjungi situs situs iklan tentang apakah yang paling sering dilihat? Pilihlah sebuah topik yang sesuai dengan iklan terbanyak tersebut.

  3. Animo Masyarakat dengan Topik Pilihan
    Topik yang telah ditetapkan tidak cukup hanya dengan minat si blogger saja. Pengelola juga harus mempertimbangkan apakah topik tersebut diminati masyarakat. Jika peminat dari konsumen blog saja sudah minim, bagaimana nanti akan mendapatkan banyak pengunjung? Jadi lakukanlah sebuah observasi sederhana baik online atau offline topik apa saja yang lebih banyak dicari di internet dan dibutuhkan masyarakat.
Demikianlah tips yangbisa digunakan bagi blogger pemula yang masih bingung menentukan tema blog. Yang terpenting adalah keunikan dan originalitas tulisan yang sahabat BPO post nantinya. Tanpa keunikan dan originalitas, percuma dan hanya menjadi blog pengikut tren saja tanpa ada pasar tersendiri.

Loading...