Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Perbedaan CPM, CPC, CPA dan CPL serta CPS

Seorang blogger ataupun web-owner yang bertujuan menghasilkan uang secara online tentunya harus memahami bagaimana cara menghasilkan uang dari blog. Pada hakikatnya banyak jalan untuk menghasilkan uang dari dunia maya mulai dari yang halal hingga yang haram (menipu,scam, dll). Seperti " Anda mendapatkan cek 27 juta dari Telkomsel, informasi lebih lanjut silahkan cek http://undianberhadiahtelkomsel.blogspot.co.id" . Sebenarnya untuk menghasilkan uang yang halal aja pasti bisa kenapa harus memilih yang menipu? Jadi saya mengajak bagi yang berminat di dunia blogging, menghasilkan uang itu dengan jalan yang halal tanpa merugikan apalagi menipu. Apalagi sampai menipu saudara setanah air kita. Betapa miskinnya moral seorang blogger yang bertujuan seperti itu.

Toh, banyak jalan halal mendulang uang. Seperti mempopulerkan blog lalu menjualnya. Bisa juga dengan membuka kesempatan bagi para advertiser produk dan bisnis online memasang iklan di blog kita. Dan hal yang paling aman dan banyak dilakukan blogger pemula yaitu memasang iklan iklan dari jaringan periklanan pada blog kita. Untuk kali ini BPO akan membahas cara yang ketiga, yaitu memasang iklan dari Website Website penyedia jariangan periklanan.

Sebelumnya seorang blogger harus mengetahui jenis jenis iklan yang ada pada blog terlebih dahulu. Biar nanti tidak salah kaprah. Banyak sih jenis iklan yang bisa dipasang pada sebuah blog, seperti CPM,CPC,CPA,CPL ,CPS. BPO akan kupas ini satu persatu mengenai apa itu masing masing istilah tersebut. Selain itu BPO juga akan menjelaskan bagaimana Anda akan dibayar dari masing masing program yang disebutkan di atas.

CPM (Cost Per Miles)

CPM merupakan istilah singkat dari Cost Per Miles (note: 1 Miles = 1000), sederhananya anda akan dibayar untuk setiap 1000 view pada blog/web Anda. Pada iklan jenis ini takdiperhatikan apakah nanti si pengunjung mengklik atau tidak iklan Anda. Intinya yang penting tampil iklan mereka. Iklan ini bisa berupa banner berbagai macam ukuran seperti 468x60, 729x90, 300x250, 160/120 x600. dll

CPA (Cost Per Action) 

CPA sendiri adalah istilah abbr singkatan  Cost Per Action. Simplenya penyedia iklan akan membayar Anda apabila pengunjung web/blog melakukan 'action' sesuai yang mereka inginkan. Seperti Polling, Survei, dll. Rata rata dari pemilik jaringan iklan ini menawarkan rating iklan yang bagus. Mengingat kemungkinan pengunjung untuk tertarik dalam iklan yang ditampilkan lumayan kecil. Tapi tak sedikit dari para website owner yang memasang tipe iklan ini. Bayangkan iming-iming yang besar. Selain itu iklan tipe CPA ini merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi para blogger dan website owner yang memiliki high quality traffic.

CPL (Cost Per Lead)

CPL adalah singkatan dari Cost Per Lead. Anda akan dibayar jika ada seorang pengunjung mendaftar suatu program yang di-iklankan pada blog/web Anda. Intinya seseorang mendaftar, melalui referensi iklan dari Blog Anda. Tipe iklan ini biasanya memiliki pendapatan besar untuk satu orang yang mendaftar, tetapi tentunya sangat sulit untuk mengajak orang ikut mendaftar. Kecuali program yang dijalankan begitu jelas, namun sayangnya untuk wilayah Indonesia iklan tipe ini jika dipasang masih memiliki kemungkinan pendapatan kecil.

CPC (Cost Per Click)

CPC adalah  singkatan dari Cost Per Click, tipe iklan ini, Anda akan dibayar jika ada pengunjung web/blog Anda yang meng-klik iklan yang telah ditampilkan. Untuk jenis iklan ini biasanya penyedia iklan sangat pemilih, selain itu konten blog Anda harus sangat menarik agar muncul iklan yang sesuai serta pengunjung bisa tertarik meng-klik iklan tersebut. Tentunya posisi iklan yang strategis menjadi pokok masalah penting dari penggelut iklan ini. Contohnya yang paling terkenal yaitu Google Adsense, bahkan untuk satu klik bisa mencapai Rp.12.000,- Sementara itu untuk produk lokal seperti adsensecamp, bloggerbersatu

CPS (Cost Per Sale)

CPS merupakan istilah singkatan dari Cost Per Sale. Ini bisa dibilang sebuah affiliasi. Dimana mereka akan berbagi Profit dari penjualan yang berasal dari referensi blog/web Anda. Kata hematnya, Seorang pengunjung membeli suatu barang yang berasal dari iklan Anda, dari sanalah anda aka memperoleh komisi. Rata-Rata dari sekian banyak jenis iklan CPS ini yang memberika komisi terbesar, tetapi tentunya paling menantang, karena tak setiap pengunjung yang berkunjung akan melakukan pembelian. Contohnya untuk skala Internasional itu bisa Amazone, eBay dll, dan untuk lokal bisa diambil contoh Lazada, Pegi-Pegi dll. Beberapa jaringan periklanan ada yang menyediakan CPS ini, tetapi BPO daripada mengikuti CPS lebih baik langsung mengikuti Bisnis Affiliasi sekalian seperi contoh diatas. 

Loading...