Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

E-Book Di Bawah Lindungan Ka'bah

Novel ini merupakan sebuah novel karangan Hamka. Mungkin ada yang telah menonton film Di Bawah Lindungan Ka'bah, tetapi terang saja film tersebut tidak terlalu mewakili dengan novel asli-nya. Bagi yang telah membaca novel dan menonton filmnya pasti tahu sendiri bagaimana menilainya.
Di Bawah Lindungan Ka'bah
Kali ini BPO akan berbagi novel ini dalam bentuk format pdf bagi yang belum pernah membaca novel asli dari HAMKA ini, karena dengan membaca tulisa asli ini tentu saja penyampaian pikiran oleh sang pengarang lebih terasa original. Selain itu ini tentu akan membebaskan bagi pembaca untuk berimajinasi sesuai keadaan yang digambarkan pada novel tersebut. Tidak seperti menonton film ini dimana kita hanya menikmati imajinasi kepunyaan sutradaranya.

Mengenai isi novel ini, secara garis besar bercerita tentang dua manusia dengan kisah cinta yang tragis. Tokoh utama Hamid, seorang pemeluk islam yang lahir di daerah Minangkabau, Sumatera Barat. Hamid dibesarkan sendiri oleh ibunya sendirian sejak dia berusia 4 tahun karena ayahnya telah meninggal dunia. Karena mereka berasala dari keluarga kurang mampu maka Hamid ini dibesarkan oleh keluarga Haji Jafar, Kebetulan Haji Jafar memiliki seorang anak yang hampir sebaya dengan dia yang bernama Zainab. Akhirnya Zainab mulai merasakan tumbuhnya benih benih cinta pada Hamid, dilain sisi Hamid juga merasakan hal demikian.

Selanjutnya Hamid melanjutkan studinya ke daerah Padang Panjang (masih di daerah Minangkabau) sehingga mereka terpisah sebelum mereka bisa mengungkapkan perasaan masing-masing. Malang pada  akhirnya ayah Zainab (Haji Jafar) juga meninggal dunia. Selanjutnya juga diikuti oleh meninggalnya ibu Hamid. Pada suatu waktu Zainab dijodohkan dengan sepupunya oleh Asiah ( Ibu Zainab). Konflik-pun terjadi, Ibu zainab yang mengetahui rasa cinta yang tumbuh antara Hamid dan Zainab meminta Hamid untuk membujuk Zainab agar mau dinikahkan dengan sepupunya.

Hamid meng-iyakan permintaan ibu Zainab karena dia ingat akan pesan ibunya bahwasanya jangan berharap pada Zainab karena mereka terbentur status sosial. Mengalami patah hati akhirnya Hamid memutuskan untuk pergi merantau, hingga sampai pada tujuan akhirnya yaaitu Makkah. Setelah beberapa tahun di Makkah Hamid bertemu dengan Saleh, suami teman dekat Zainab.

Di sana Saleh bercerita bahwasanya Zainab tidak jadi menikah dengan pilihan ibunya. Saleh juga menceritakan kondisi Zaenab yang sekarang. Dari sanalah Hamid dan Zaenab mulai berbalas surat dan mengungkapka perasaan mereka. Namun sebelum sempat membaca surat itu Zainab telah meninggal dunia, dan kemudia disusul oleh Hamid.

Itulah sekilas ringkas mengenai isi novel Di Bawah Lindungan Ka'bah. Tentu saja itu belum secara keseluruhan yang BPO paparkan. Untuk lebih lengkapnya silahkan dibaca nantinya. Tentang penerbitan novel ini secara fisik, Novel ini  diterbitkan oleh penerbit  Balai Pustaka (1983) hingga cetakan VI.

Sementara itu untuk cetakan ke-VII hingga cetakan terakhir novel ini diterbitkan oleh penerbit Bulan Bintang. Berhubung susahnya untuk mendapatkan novel terbaik tapi langka ini sekarang, maka BPO dengan segala kerendahan hati meminta maaf kepada penulis dan penerbit buku ini jika sampai pada halaman ini, karena novel ini atas pertimbangan kelangkaan BPO berinisiatif untuk membagikannya dalam file berformat pdf kepada masyarakat tanpa tujuan komersil. Bagi yang ingin mendownload novel dibawah lindungan ka'bah ini, silahkan pada tautan berikut ini, [ tinyurl.com/dbwhkabah ]

Loading...