Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Cara Upload File ke Google Drive

Google semakin berjaya. Berbagai layanan selalu di-inovasikan untuk mempermudah semua urusan. Berikut ini BPO akan membahas salah satu layanan Google yang dikenal Google Drive. Google Drive adalah layanan untuk menyimpan File secara Online. Selain itu dengan menyimpan File disini kita juga diizinkan untuk berbagi file tersebut. Keterlihatan file bisa diatur nantinya mau kepada publik atau bisa kepada orang orang tertentu. Ini bisa dilakukan dengan menyetel Privasi file tersebut.

Untuk menyimpan file pada Google ini, File tersebut harus di unggah dulu sebelumnya. Jenis Jenis File bisa berupa Microsoft Office (Word,Excel,Power Point), pdf,txt dll. Namun untuk video sebenarnya juga bisa, tapi untuk file video lebih baik gunakan Youtube saja. Berikut BPO akan memaparkan langkah untuk mengupload File ke Google Drive.

Pertama siapkanlah file yang akan diunggah. Tentukan posisi file tersebut dimana Anda simpan ( C; D;My Document atau Desktop) terserah Anda. Yang penting Anda tahu dimana file ini tersimpan di komputer Anda. Contoh Saya menyimpan File yang akan saya Upload di Desktop. Bukalah dibrowser Anda , http://drive.google.com. Bila Anda pengguna baru maka akan ada tampilan pesan selamat datang berupa mini window. Silahkan diclose saja mini window tersebut.

Perhatikan menu-menu pada Kiri. Anda harus mengambil menu Baru pada bagian tersebut. pilihlah Unggah File pada bagian berikutnya. Akan ditampilan Pop Up yang akan meminta Anda memilih File yang akan di Upload. Misalkan kita mau Upload sebuah File pdf yang telah disimpan dengan nama INI. Pastika anda telah membuat file dengan nama INI tadi. Temukanlah file dengan nama ini dimana Anda menyimpannya tadi. 

Tunggu Beberapa Saat untuk proses upload.  Lihat keterangan di Kanan Bawah, jika upload telah selesai. Jika telah selesai akan ada tampilan file thumbnail. Pilihlah Lambang Rantai dan akan keluar berupa link. Lanjutkan dengan memilih Setelan Berbagi. Bagian ini berfungsi untuk mengatur kepada siapa saja file ini akan dibagikan dan kepada siapa saja yang bisa melihat file ini.

Disana terdapat beberapa kotak. Isikan dengan email teman Anda jika Anda ingin berbagi File ini HANYA  dengan teman Anda Tersebut.  Apabila Anda ingin berbagi File ini kepada Public, ambil lah " Tautan dapat Berbagi " .  Lalu klik tombol "BERES"  yang berwarna biru pada bagian kanan bawah. Berikutnya akan keluar Link yang bisa Anda bagikan Jika Ingin membagikan File ini kepada Publik. 

Itulah Tutorial singkat dari BPO bagaimana cara Upload File ke Google Drive. File ini bisa ditampilkan di website/blog Anda. Fitur lainnya selain ditampilkan juga bisa di unduh melalui website ataupun blog. Untuk melakukan hal hal tersebut slahkan dibaca pada artikel BPO. Cara Menampilkan Preview File Word, Pdf, Power Point dll di web/blog . Cara Berbagi File Google Drive di Web/Blog Tautan untuk Langsung Download.

Loading...