Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Cara Menampilkan Preview File Word, Pdf, Power Point dll di Web/Blog

Salah satu yang menarik dari sebuah blog adalah seberapa bagusnya konten blog dan seberapa lengkapnya konten tersebut. Jika web/blog Anda menyediakan kebutuhan pembaca dan membuat pembaca merasa puas maka dilain waktu berikutnya pasti pembaca akan kembali lagi ke blog Anda. Jika web/blog Anda merupakan Blog yang berbagi File berupa pdf,Word,Excell dan lain-lain. Maka disarankan untuk menyisipkan preview file tersebut sebelum pembaca mendownloadnya. Tetapi sebelumnya Anda harus mengunggah file tersebut di Google Drive ( Baca : Cara Mengunggah File di Google Drive )

Langkah Pertama Bukalah Google Drive Anda. Klik File yang ingin anda tampilakn preview-nya pada blog anda. Pilihlah Lambang Rantai dan akan keluar berupa link tetapi Lanjutkan dengan memilih Setelan Berbagi . Di sana sillahkan diatur kepada siapa saja file ini bisa di bagikan. BPO lebih menyarankan jika memang file tersebut untuk dibagikan kepada khalayak ramai, gunakan tipe publik saja.  Berikutnya akan keluar tautan. Ambil tautan tersebut dengan cara copy. Misal kali ini tautan saya " https://drive.google.com/file/d/0B2udoccAuYPkVnFUN2VLRkZUTmM/view?usp=sharing " 

Perhatikan yang berwarna biru. Hapuslah bagian yang berwarna biru tersebut. Ketikkan kata"preview" sebagai pengantinya. Sehingga tautan tersebut akan menjadi, ' https://drive.google.com/file/d/0B2udoccAuYPkVnFUN2VLRkZUTmM/preview '. Berikutnya, kita akan pasang ini pada postingan blog atau website. Silahkan siapkan suatu artikel yang tentunya berkaitan dengan konten file di Google Drive tadi. Jika penulisan konten telah selesai. Ubahlah mode penulisan ke mode HTML. Untuk semua platform blog biasanya ada menu ini. Menu ini akan terdapat disekitan kolom postingan blog. Untuk platform blogger sendiri ini berada pada bagian bawah judul postingan disamping tulisa Compose. Copy code berikut ini dan posisikan pada paragraf berapa akan ditampilkan preview file dari Google Drive tadi.
<br/><iframe src="https://drive.google.com/file/d/0B2udoccAuYPkVnFUN2VLRkZUTmM/preview  " width="468" height="500" ></iframe> <br/><br/>
Keterangan : Bagian Berwarna Biru, Ganti dengan Link File dari Google Drive tadi Anda pada langkah sebelumnya. Bagian Berwarna Merah 468 adalah ukuran lebar kotak preview Anda, sementara 500 adalah ukuran tinggi kotak previewnya. Setelah dipastekan kembali Klik Mode Penulisan Compose (disebelah Menu HTML Entri Blog Tadi).

Langkah ini juga bisa dilakukan jika pada Website, Blog berbasis Wix, Wordpress dan Lainlain, yang terpenting adalah Code yang dipastekan tadi. Nah Jika Anda Berhasil maka langsung akan tampil preview File tadi seperti ini. Itulah langkah untuk menampilkan preview File pada blog/Web Anda. Jika Anda Ingin menambahkan Link Download Langsung File tersebut silahkan Baca,
Cara Menambahkan Link Download File pada Blog/Web

Loading...