Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Cara Berbagi File Google Drive di Web/Blog

Mungkin Anda ingin membagikan File File tertentu kepada khalayak ramai masyarakat Tekno. Simpelnya kita anggap Anda ingin berbagi sebuah File dengan format pdf di web/blog Anda. Langkah utamanya tentu saja Anda harus mengupload File tersebut ke salah satu layanan Storage seperti 4shared, Ziddu dll.

Nah salah satu layanan Storage (penyimpanan File Online) ini yaitu Google Drive. Layanan ini tentu saja di motori oleh Google. Kelebihan dari File storage ini dimana tidak terlalu ribet dan untuk pengunjung tidak akan melihat iklan serta tidak membutuhkan waktu tunggu untuk mengunduh file.

Kenapa menggunakan Google Drive, alasan hematnya penggunaan Google Drive ini sangatlah gampang. Nah untuk berbagi File yang bisa langsung di download oleh pengunjung Anda dari Google Drive Langkahnya seperti berikut.  Silahkan Unggah/Upload File Anda di Google Drive (Baca : Cara Upload File ke Google Drive) . Langkah Pertama Bukalah Google Drive Anda, Klik File yang Ingin Anda bagikan. Pilihlah Lambang Rantai dan akan keluar berupa link tetapi Lanjutkan dengan memilih Setelan Berbagi .

Jika sudah maka akan ada suatu kolom yang berisi tautan ke arah file anda. Copylah tautan tersebut. Misalkan anda mendapatkan tautan seperti " https://drive.google.com/file/d/0B2udoccAuYPkVnFUN2VLRkZUTmM/view?usp=sharing " Perhatikan bagian yang bewarna biru. Itu menunjukkan kode unik file anda. Setiap file yang diupload ke Google drive akan memiliki kode unik yang berbeda beda pada bagian tersebut. 

Selanjutnya anda harus memasukkan kode unik file seperti yang ditunjukkan warna biru tersebut ke dalam url " https://docs.google.com/uc?export=download&id=(kode unik file". Sehingga hasilnya nanti akan menjadi seperti ini " https://docs.google.com/uc?export=download&id=0B2udoccAuYPkVnFUN2VLRkZUTmM ". Biarkan URL ini sejenak beristirahat dengan tenang. Tapi jangan sampai hilang ya. 

Kita akan menuju akun blogger anda. Silahkan siapkan mode sebuah postingan pada blog Anda. Buatlah sebuah postingan yang sehubungan dengan file ini. Kemudian buatlah sebuah mode tautan dalam postingan tersebut. Semisal disini BPO ingin tulisan tautan tersebut "UNDUH PERCOBAAN INI" lalu klik LINK pada menu penulisan diatas. Akan tampil Pop Up berikut yang berisi data tautan yang ingin ditautkan. Pada kolom alamat URL  Pastekan Link File tadi  " https://docs.google.com/uc?export=download&id=0B2udoccAuYPkVnFUN2VLRkZUTmM " (Isi dengan Link File Anda Sendiri). Lalu centang lah kotak " Open this Link in New Window".

Selesai.Ini akan sangat bermanfaat jika blog Anda berisi konten konten seperti ebook, tutorial dan lain lain. Silahkan tulis dalam bentu format pdf. Lalu upload ke akun Googgle Drive. Nantinya pengunjung blog anda akan bisa mengunduh file tersebut. Nah jika Anda Ingin menampilkan Preview File Tersebut sebelum di Download Pengunjung Baca juga tutorialnya di Cara Menampilkan Preview File MS.Office, Pdf dll pada Web/Blog.

Loading...