Agen SBOBET

Apa itu Pengertian Properti Syariah?

Agen SBOBET

Kecendrungan masyarakat untuk berekonomi syariah mengalami tren positif dari waktu ke waktu. Anda tentu bisa melihat dari hari ke hari banyak produk keuangan dan investasi yang mengarah pada konsep syariah. Bank syariah, asuransi syariah, reksadana syariah hingga bisnis property syariah.

Khusus pada halaman ini akan dibahas mengenai apa itu property syariah?

Pengertian properti syariah adalah jual beli properti dengan sistem akad berdasarkan syariat Islam. Aset tersebut tidak hanya dikelilingi sesuatu bernapaskan Islam. Misalkan ada masjid, ada taman baca Alquran di dalam kompleks itu, atau ada pengajian, sekolah tahfidz dan lainnya. Bukan hal demikian yang dimaksud.

Dasarnya, properti syariah adalah dimana akad jual beli terjadi antara developer dan pembeli saja. Tidak ada keterlibatan pihak ke-tiga seperti bank. Mengenai pembayaran, pembayaran bisa dilakukan dengan cash ataupun kredit.
Apa itu Pengertian Properti Syariah?
Ada dua kemungkinan dalam akad jual beli ini.

Rumah Telah Selesai Dibangun Developer

Untuk rumah yang telah selesai dibangun developer, maka di sini digunakan akad jual beli seperti biasa. developer sebagai pihak penjual dan peminat sebagai pihak pembeli.

Pembayaran bisa dilakukan tunai ataupun cicilan.

Rumah Belum Dibangun Developer

Sementara, jika rumah belum dibangun developer, maka akad yang digunakan adalah Istishna. Artinya adalah akan pemesanan.

Hal ini diperbolehkan secara Islam. Pernah dalam kajian keislaman dinyatakan bahwasanya Rasulullah pernah memesan sebuah cincin dan mimbar. Ini dianalogikan seperti pembelian / pemesanan rumah ini.

Apa Keuntungan atau Kelebihan Properti Syariah?

Ada beberapa keuntungan atau nilai positif transaksi property syariah ini. Yang paling utama tentu anda telah menjalankan syariat Islam.

Berikutnya keuntungan lainnya,
  1. Transaksi langsung dengan developer, sehingga tidak banyak biaya adminstrasi jika dibanding dengan bank
  2. Terbebas dari riba, denda ketika telat melakukan pembayaran cicilan
  3. Tidak ada istilah sita. Jika sistem cicilan dan pembeli tidak mampu melanjutkan, maka property tersebut bisa dijual lagi. Tentu uang akan kembali.
  4. Tidak perlu melalui proses BI Checking
  5. Tidak ada bunga dan sistem cicilan tetap sesuai akan semula alias tidak dipengaruhi tingkat suku bunga.
Jadi, beranjak dari beberapa kelebihan tersebut, tidak ada salahnya jika anda ingin memiliki property, metode syariah ini bisa menjadi hal yang dipertimbangkan. Menimbang risiko, setidaknya anda tidak akan kehilangan uang anda jika nanti anda tidak mampu melanjutkan cicilan.

Loading...

0 Response to "Apa itu Pengertian Properti Syariah?"

Post a Comment