Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Tahap Uji Sertifikat Choronometer pada Jam Tangan

arti choronometer pada jam tangan

Apa itu choronometer pada jam tangan? Choronometer adalah sebuah alat untuk mencatat waktu yang cukup akurat untuk mengukur waktu secara portable. Ini digunakan dalam penentuan buju pada navigasi selestial. Untuk label Choronometer pada jam tangan, label Choronometer digunakan bagi jam tangan yang telah mendapatkan sebuah sertifikat karna dianggap telah lolos standar ketepatan. Kenapa jam tangan dari Swiss begitu mahal? Inilah alasanya, sebab di Swiss hanya jam dengan sertifikat Choronometer (COSC) ini yang bisa menggunakan sertifikat Choronometer pada jamnya. Artinya, jam tersebut benar benar akurat dalam pengukuran waktu.

Sertifikat tersebut dikeluarkan oleh sebuah lembaga indenpenden. Lembaga tersebut khusus menguji pergerakan jam, dan tidak menguji case dll.

Sekarang mari kita lihat bagaimana proses sebuah jam diuji sehingga bisa mendapatkan sertifikat Choronometer.

Tes Choronometer untuk Jam Mekanik

Uji Choronometer yang dilakukan COSC ini dilakukan dalam waktu 16 hari. Jam diuji dalam kondisi 5 posisi dan 3 suhu yang berbeda-beda. Bila telah lolos ujian ini, maka brand jam tersebut boleh mencantumkan label Choronometer pada jam tersebut.

Berikut salah satu sertifikat dari Girard Perregaux Choronometer Gyromatic pada tahun sekitar 70-an. 
Sertifikat Lolos Uji Choronometer Jam Tangan
Sertifikat Lolos Uji Choronometer Jam Tangan
Tahap pengujian meliputi posisi,
  1. Pergerakan jam saat angka 12 di posisi jam enam
  2. Pergerakan jam saat angka 12 di posisi jam sembilan
  3. Pergerakan jam saat angka 12 di posisi jam 3
  4. Jam dalam keadaan terbalik
  5. Jam dalam kondisi menghadap ke atas
Untuk kondisi suhu digunakan suhu 23 derajat, suhu 38 derajat. Lalu pada kondisi dan posisi tersebut jam akan diukur, apakah movementnya terganggu atau tetap stabil. Lebih lengkap kriteria penilaian tersebut seperti berikut,
Kriterian lolos Uji Chornometer

Uji Choronometer Jam Tangan Quartz

Seiring perkembangan zaman, model jam yang kita temui tak hanya mekanik. Sering juga digunakan jam tangan Quartz. Untuk itu, mendapatkan penunjuk waktu yang akurat, perlu juga sekiranya akurasi dipastikan dengan sertifikat Choronometer.

Uji Choronometer untuk jam tipe Quartz ini dilaksanakan dalam waktu 11 hari. Jam diposisikan hanya dalam satu posisi tetapi tetap dengan 3 suhu yang berbeda. Sebab, bila pada jam mekanik ada pengaruh gravitasi terhadap jarum jam, makanya pengujian dilakukan pengujian dengan 5 posisi. Sementara, pada jam Quartz pengaruh gravitasi dengan ketepatan jam bisa dibilang tidak terlalu besar. Berikut tahap pengujian jam Quartz dalam melewati tes Choronometer ini.
Pengujian jam ini sekali lagi ditujukan adalah untuk ketahanan, kekatan dan ketepatan jam dalam berbagai situasi. Bayangkan, sebuah jam yang tak lolos uji ini, maka perubahan kondisi ataupun posisi akan menyebabkan jam tersebut mengalami penyimpangan jarum jam, sehingga tidak bisa dibilang memiliki akurasi yang baik. Baca juga; Beda Waterprof dan Water Resistant (Ketahanan Air) pada Jam Tangan.

Loading...

0 Response to "Tahap Uji Sertifikat Choronometer pada Jam Tangan"

Post a Comment