Pasang Iklan Anda di Blog Ini?
Gak Ribet, Langsung Nego Posisi
Info Lebih Lanjut [ Kontak Kami]

Tips Mencari dan Mengurus Beasiswa di Universitas

Melanjutkan study dengan gratis? Siapa saja pasti menginginkan hal ini. Apalagi nantinya juga diberi uang saku untuk biaya hidup. Untuk kamu yang masih dalam usaha pendidikan BPO aka bagikan tips bagaimana mendapatkan beasiswa. Nah ini berupa penghasilan bukan? Sebuah bisnis, karena intinya bisnis itu adalah menurut BPO sendiri adalah sesuatu yang menghasilkan. Untuk mulai kuliah sebenarnya sudah ada program beasiswa dari pemerintah yag dinamakan bidik misi. Namun jika kurang beruntung dengan tidak memperoleh beasiswa ini, nanti bisa pada saat kuliah masih banyak beasiswa lainnya. Baik itu dari pemerintah, perusahaan, atau pun yang lainnya. Untuk beasiswa bidik misi sendiri itu disediakan bagi program S1 dan sudah bisa diurus ketika masih duduk dibangku sekolah menjelang masuk kuliah.
beasiswa terbaru
beasiswa

Keuntungan Mendapat Beasiswa

Tujuan pemberian beasiswa sendiri adalah untuk membantu pelajarmelanjutkan pendidikan. Khusus untuk kalangan yang kurang mampu. Tetapi ada juga beasiswa yang diberikan untuk yang memiliki prestasi tertentu. Hal ini tentu saja untuk membuka peluang pencapaian akademik demi pemeerataan pendidikan di nusantara. Jika kita pandang dari sudut penerima, apa saja keuntungan bila mendapatkan beasiswa ini? Mari kita telaah lebih mendalam.

Dengan adanya bantuan dana penunjang kuliah ini sama-sama kita ketahui ini akan mengurangi beban biaya study. Atas dasar itu maka kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi akan semakin besar. Apalagi ini bagi siswa kurang mampu orang tuanya. Zahir sekali ini akan sangat membantu. Secara langsung, dipastikan ini akan mengurangi beban orang tua. Apalagi kita sama-sama mengetahui biaya untuk masuk universitas sangatlah tidak sedikit.

Menyinggung dalam hal prestasi, ini tentunya akan membuat prestasi akan lebih tinggi. Bayangkan jika ada seorang yang kurang mampu mendapatkan beasiswa ini, mereka tidak perlu lagi mencari pekerjaan sampingan  untuk menambah biaya kuliah dan biaya hidup selama kuliah. Implikasinya tentu saja mereka akan lebih fokus untuk meningkatkan prestasi dan mencari ilmu. Selain itu beberapa garansi untuk mendapatkan  beasiswa adalah dengan tidak bolehnya anjlok prestasi akademik dari si penerima. Wah mau tak mau ini akan menjadi motivasi sendiri bagi si penerima dong.

Melanjutkan masalah motivasi, pemberian beasiswa prestasi juga akan meningkatkan orang yang belum mendapatkan beasiswa dalam meningkatkan prestasi. Karena syarat untuk pertimbangan mendapatkan beasiswa ini sendiri tentu harus memiliki prestasi yang OK. Semakin bagus prestasi seseorang, kemungkinan ia mendapatkan beasiswa uga akan semakin tinggi. Terakhir, dengan mendapatkan beasiswa tentu akan mengangkat nilai diri dengan satu kebanggaan. Karena dengan menerima beasiswa sering dikaitkan dengan prestasi. Orang akan memandang kita sebagai seorang yang berprestasi dan hebat karena memperoleh beasiswa.

Strategi Pintar Mendapat Beasiswa


Isu-isunya untuk mendapatkan beasiswa tidak cukup hanya dengan bermodalkan pintar saja. Melainkan pintarnya harus di double-in jadinya pintar-pintar deh. Memang ada benarnya juga sih. Apapun yang dilakuka jika ingin berhasl tentu harusnya pintar-pintar. Ya pintar-pintar disini kita bawakan dalam hal positif saja. Pintar-pintar untuk melihat situasi, kondisi dan opportunity.

Tapi selalu prestasi untuk menjadi first-key untuk meraih beasiswa. Faktor berikutnya tentu saja lucky dan rejeki. Jika telah memenuhi prasayarat tersebut, maka setidaknya peluang untuk meraih beasiswa akan lebih besar. Dengan prestasi yang mencolok tentu banyak pihak yang akan tertarik mensponsori pendidikan kita. Selain dari pada itu ada beberapa strategi untuk meraih beasiswa di perguruan tinggi. Silahkan dicoba strategi-strategi untuk mendapatkan beasiswa berikut ini.

Jaga dan Tingkatkan Prestasi

Jika anda masih duduk di bangku sekolah menengah atas atau SMA, maka tingkatkanlah prestasi akademikmu dan usahakan agar nilai rapor konsisten. Sedapat mungkin cobalah agar nilai kamu selalu dalam graph yang naik. Ini ditujukan agar ketika diterima menjadi mahasiswa baru dan belum menerima beasiswa apapun, akn berpluang besar untuk mendapatkan beasiswa PPA atau BBM. Sebagai tambahan, syaratnya sendiri untuk mahasiswa tahun pertama yaitu dengan melampirkan fotokopi rapor dan nilai ijazah sebagai bahan dalam proses seleksi.

Untuk mahasiswa yang menjalani perkuliahan, BPO menyarankan agar nilai indeks-prestasi (IP) kamu pada semester awal baik. Ini dimaksudkan untuk semester dua biasanya sudah bisa mengurus beasiswa beasiswa PPA atau BBM. Tentu saja mereka tidak mempertimbangkan nilai rapor lagi, dan mereka akan melihat bagaimana prestasi dan hasil belajar pada semester awal tersebut. Untuk mendapatkan nilai yang bagus pada semester awal tidaklah susah. Karena sebagian besar mata kuliah pada semester awal ini adalah mata pelajatan SMA. Jadi yang dibutuhkan hanyalah keseriusan dalam kuliah dan tidak terpancing pergaulan yang tidak baik. Meingingat maklum anak kuliah awal, baru-baru bebas gitu.

Ikuti Kegiatan Ekstrakurikuler ketika Sekolah

Selain berprestasi juga butuh sosialisasi. Aktiflah dibeberapa kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Agar kamu dikenal sebagai siswa aktif yang selain berprestasi juga memiliki banyak kegiatan yang berguna. Misalkan ada kegiatan ekstrakurikuler pramuka, musik dan lain-lain. Ini nantinya pasti akan menjadi nilai plus sendiri apabila kamu mengurus beasiswa untuk kuliah.

Aktif Berorganisasi di Kampus

Kemudian usahakanlah untuk para mahasiswa aktif dalam oraganisasi kampus. Bisa jadi seperti MAPALA, PMR. Sebagian besar beasiswa adakalanya memberikan persyaratan melampirkan surat keteranga aktif berorganisasi dikampus untuk mendapatkan beasiswa. Apalagi jika kamu sempat menjadi seorang ketua dari organisasi mahasiswa di kampus. Kemungkina kamu mendapatkan beasiswa akan meningkat 80%. Selain itu dengan mengikuti organisasi di kampus akan meningkatkan relasi kamu dalam berbagai kegiatan.

Bisa saja kamu nanti kenal dengan orang-orang dari pihak pemberi beasiswa, pihak administrasi kampus yang natinya mungkin akan merekomendasikan kamu untuk memperoleh beasiswa. Jikapun tidak begitu, setidaknya kamu memiliki lebih banyak teman yang nantinya memberikan informasi tentang adanya lowongan untuk beasiswa ini, beasiswa itu. Oh iya hampir lupa kamu juga harus tau beberapa sponsor beasiswa ada yang memberikan beasiswa tidak hanya melihat prestasi akademik tetapi juga karena aktif tidaknya mahasiswa dalam organisai contohnya beaiswa toyota astra.

Rajin Mencari Informasi

Biasanya pengumunan beasiswa akan terpampang di mading kampus. Atau bisa saja di sebuah papan pengumuman khusus di bagia kemahasiswaan. Rajin-rajinlah mengecek dua spot itu. Kemudian kamu juga bisa sering sering browsing, beberapa info penawaran beasiswa adakalanya langsung dari sponsor tanpa melalui kampus. Kita diharuskan submit permohonan beasiswa online. Jadi jangan menyerah untuk selalu update informasi. Jika dalam informasi yang didapat terdapat keraguan atau apa, maka usahakan untuk bertanya pada pihak yang terkait. Semata-mata untuk mendapatkan informasi yang jelas. Jika bertanya pada pihak yang tidak terkait diragukan nanti mereka memberikan informasi yang tidak benar.

Kemudian sumber informasi beasiswa yang tak kalah pentingnya adalah senior. Bertanyalah sebanyak mungkin pada mereka. Apa saja beasiswa yang ada di kampus ini? Kapan perioda submit permohonan beasiswa. Nah, untuk lebih banyak mengenal senior tentunya kamu harus memiliki banyak relasi. Ini bisa diupayakan dengan poin sebelumnya bukan?

Selain dari tips di atas juga perlu ketelitian kamu. Catatlah secara rinci informasi tentang beasiswa yang akna diajukan. Jangan sampai kamu terlambat mengajukan permohonan. Hal yang tak kalah pentingnya selalu perbanyak koneksi. Bisa saja dari pegawai jurusan, bagian kemahasiswaan agar mereka bisa membantu dalam pengajuan permohonan beasiswa. Dengan koneksi ini jugalah nanti aliran informasi akan lebih lancar padamu. sumber informasi.

Ketika masa pengurusan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal tersebut yang pertama kamu harus memperlajari target sasaran penerima beasiswa. Apakah beasiswa ini diberikan pada mahasiswa prestasi, beasiswa kurang mampu? Sesuaikan dengan kriteria kamu. Jangan lupa lengkapi syarat-syarat yang diminta. Dalam hal ini usahakan untuk mematuhi semua prosedur yang ditetapkan. Jangan pernah sekalikali memalsukan sebuah syarat. Jika sampai ketahuan kamu bisa di blacklist untuk menerima beasiswa dari pihak kampus.

Loading...